KOTA MALANG – Mahasiswa di era digital ini musti mempunyai skill dan pengetahuan tentang teknologi dan applikasi agar mampu bersaing di dunia kerja. Untuk itu, Fakultas Sains dan Teknologi (FSTI) Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) kembali menggelar kompetisi teknologi dan game, yakni Technowars 7, Senin (18/11).

Dalam gelaran ke-7 ini Unikama lebih fokus pada perkembangan teknologi game dengan menggunakan tema “Gamepreneurs”.

Terbukti, di tahun 2019, sejumlah perlombaannya berbeda seperti tahun lalu, yakni lomba e-sport Mobile Legend Bang-Bang, Kompetisi Robot Soccer, Indonesia Line Followers Analog dan Mikro.

Untuk kompetisi Mobile legend telah dilaksanakan pada 16-17 November 2019 lalu. Sedangkan untuk Kompetisi Robot Soccer, serta ILN Analog dan Mikro bakal dimulai pada 23-24 November mendatang.

Ke lima kompetisi tersebut bakal diikuti oleh kurang lebih 720 mahasiswa yang berasal dari puluhan universitas se-Indonesia.

“Karena saat ini game memang sedang digandrungi. Dan kami ingin mengambil kesempatan itu untuk mendidik para mahasiswa agar tidak hanya menggunakan game tapi juga membuat game,” Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unikama, Dr. Joice Soraya, S.H M.Hum.

Tak hanya kompetisi, dalam seminar yang merupakan rangkaian Technowars 7 juga menggambil tema tentang gamepreneurs hari ini, Senin (18/11). Hal itu terbukti dengan menjadikan Ketua Game Devolver Malang Dalih “DeeDee” Sugiu P.S dan juga General Manager Dranx Esport, Angelina “Toska” Vivian sebagai pembicara.

“Di sana nanti mahasiswa akan diberitahu bagaimana untuk inovatif kalau membuka usaha itu sekarang juga bisa melalui pembuatan game. Sekarang kan banyak miliarder yang membuat game dan harapannya itu memotivasi mereka,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang turut hadir untuk membuka acara tersebut, mengaku senang dengan hadirnya Technowars 7. Pasalnya, Technowars 7 sesuai dengan misi Kota Malang sebagai Kota Kreatif di Indonesia.

“Sangat positif ini nanti harapannya akan timbul SDM mempuni untuk membuat aplikasi terutama game karena saat ini memang kami sedangkan mencanangkan Kota Malang sebagai Kota Kreatif dan dimulai dari acara seperti ini,” ujarnya.

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Bob Bimantara Leander
Penyunting: Fia



ABOUT US

Radar Malang Online dikelola oleh Jawa Pos Radar Malang. Sebuah media cetak terbesar di Malang Raya dengan tingkat readership lebih dari 200 ribu orang per hari. Menyajikan berita-berita terbaru dan terpercaya di Malang Raya.