KOTA MALANG – Besok, Final Malang Esport Summit 2019 bakal digelar di Auditorium Universitas Kanjuruhan Malang Jalan S. Supriadi No. 48, Bandungrejosari, Sukun, Kota Malang. Untuk menjunjung tinggi sportifitas, panitia telah menetapkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh peserta selama mengikuti kompetisi baik game Player Unknown Battleground (PUBGM) maupun juga Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Di pembukaan, di game PUBG akan memilih siapa yang paling layak untuk makan malam ayam dan membawa pulang hadiah dari panitia.

“Untuk final 2, kita akan gunakan 3 map yaitu 2 map Erangel dan Miramar mode First Person Perspective (FPP) dan 1 map Erangel atau Miramar mode Third Person Perspective (TPP),” sebut Koordinator Wasit MES 2019, Iwan Pramadasetiawan.

Selama kompetisi, Iwan menyebut player hanya boleh menggunakan peralatan tambahan berupa headphone, pengisi daya (powerbank), kipas kecil, hingga stiker anti panas.

“Perlengkapan selain itu tidak boleh digunakan, jika ada penggunaan khusus, peserta diwajibkan mengajukan permohonan ke wasit dan mendapatkan izin sebelum dapat menggunakannya, jika tidak peserta akan didiskualifikasi sesuai dengan tindak kecurangan,” tegas Iwan.

Selama permainan pemain bakal dilarang keras menggunakan kode curang atau cheating.

“Jika seorang pemain melanggar aturan ini, tim akan didiskualifikasi dan ID seluruh anggota tim akan dibanned seumur hidup,” tambah pria berbadan besar ini.

Peserta juga dilarang menggunakan perangkat keras maupun perangkat lunak pihak ketiga (3rd party program) yang bertujuan untuk memodifikasi konten dalam game, seperti interface permainan, efek suara, dan sebagainya. Jika seorang pemain melanggar aturan ini, tim akan didiskualifikasi dan ID seluruh anggota tim juga akan di banned seumur hidup.

“Jika seorang pemain melakukan pelanggaran ini, tim akan didiskualifikasi sesuai dengan tindak kecurangan dan hadiah dianulir kemenangannya,” urainya.

Layar lebar dan layar permainan pemain tim lainnya dilarang diintip oleh pemain. Pemain akan mendapat peringatan maksimal sebanyak 2 (dua) kali dan apabila terjadi hal tersebut dan wasit berhak mendiskualifikasi tim yang melanggar.

“Peserta (atau tim) harus menjunjung tinggi sportivitas dalam kompetisi dan menjunjung tinggi prinsip fairplay serta tidak mengkampanyekan tindakan negatif,” sebut pria berkacamata ini.

Pemain juga, dilarang menggunakan akun orang lain atau memprovokasi peserta lain untuk berkelahi. Apabila ditemukan, tim dilarang untuk berpartisipasi dalam babak selanjutnya.

“Di akhir, termasuk eksploitasi bug, akan dilarang di pertandingan, segala jenis penggunaan bug tidak dibenarkan dan pihak peserta yang sengaja menggunakan bug akan segera didiskualifikasi,” tutupnya.

Peraturan tambahan bagi peserta yaitu dilarang makan dan minum di ruang Auditorium Unikama atau tempat pertandingan. “Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar sert tetap menjaga kebersihan selama pertandingan berlangsung wajib dilaksanakan oleh player baik PUBG maupun MLBB,” pungkas dia.

Pewarta: Elfran Vido
Ilustrasi : Rahadian Bagaskoro
Penyunting : Fia



ABOUT US

Radar Malang Online dikelola oleh Jawa Pos Radar Malang. Sebuah media cetak terbesar di Malang Raya dengan tingkat readership lebih dari 200 ribu orang per hari. Menyajikan berita-berita terbaru dan terpercaya di Malang Raya.