MALANG – Game akhir-akhir ini sedang disorot kembali. Itu karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat yang mengeluarkan fatwa haram game Player Unknown’s Battleground (PUBG). MUI menilai game itu menjadi pemicu peristiwa penembakan di Selandia Baru beberapa waktu lalu.

Jika menengok game, tidak hanya output negatif saja seperti yang difatwakan MUI Jawa Barat. Namun berbagai sisi positif game PUBG juga bisa kita dapatkan jika kita menyikapinya dengan bijak dan dikelola dengan baik dari sisi manajerial.

Contoh terbaik penggunaan game yang positif salah satunya terlihat dari sosok OkkyOzora. Terminator dari Tim E-Sport PG.Barracx ini berhasil memanfaatkan game yang sering dicap negatif jadi mata pencahariannya.

“Kalau game ini hobi sejak kecil, main game offline, main game online, semua orang saya rasa suka main game, baik untuk melepas penat atau sekadar mengisi waktu luang,” tutur laki-laki berusia 24 tahun ini.

Namun kini, berkat game, ia berhasil mendapatkan penghasilan sendiri. “Ya digaji dari PG.Barracx sendiri, juga kalau kita ikut kompetisi dapat uang bonus, jadi seneng gitu hobi bisa jadi uang,” paparnya.

Terbukti, citra game juga tidak harus buruk kan. Game juga bisa mencetak prestasi dan ketenaran. Sudah banyak internet personality yang memulai kiprahnya dari dalam game yang kini sukses. Sebut saja RRQ.Lemon hingga JessNoLimit yang terkenal lewat game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), OkkyOzora juga seperti itu.

Kini bermain game ia jadikan pijakan menuju fase step di dalam hidupnya yang selanjutnya, yakni menjadi Youtubers.

“Kalau akhir-akhir ini sering streaming pas main game di Youtube, dan tanggapan penonton di channel lumayan bagus, kan lumayan juga kalau bisa dapat duit dari Youtube,” harap laki-laki yang juga punya Instagram bernama OzoraOkky dengan total pengikut sekitar 26.000 pengikut.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah



ABOUT US

Radar Malang Online dikelola oleh Jawa Pos Radar Malang. Sebuah media cetak terbesar di Malang Raya dengan tingkat readership lebih dari 200 ribu orang per hari. Menyajikan berita-berita terbaru dan terpercaya di Malang Raya.