MALANG – Akhir-akhir ini, dunia game online, khusunya Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile sedang ramai kabar developernya, Tencent, yang mengujicobakan health reminder atau pengingat kesehatan di dalam game.

Fungsi alarm peringatan ini adalah untuk mengingatkan gamers agar tidak berlebihan saat bermain game. Penerapan ini, dicoba di India akibat banyaknya anak muda yang kecanduan game battle royale tersebut.

OkkyOzora, pemain profesional PUBG Mobile dari tim E-Sport ternama di Indonesia, PG.Barracx faham betul akan hal ini. Pasalnya ia juga pernah merasakan kecanduan game hingga lupa waktu.

Tujuh jam per hari kini ia habiskan bermain game untuk berlatih bersama timnya. “Sebagai tim profesional, jadi tugas kita ya ini, bermain game PUBG ini, berlatih tiap hari, karena kita digaji untuk itu, walau begitu ya harus tahu waktu, kalau waktunya makan ya makan, stop dulu,” papar pria kelahiran 1994 ini.

Walau ditarget untuk selalu berlatih, ia dan timnya mengaku santai dan tidak terlalu terbebani akan hal itu. Mereka selalu tidak lupa waktu makan dan rehat sejenak apabila sudah merasa agak jenuh.

“Kalau udah ngerasa jenuh atau mata sakit, pusing, harus stop, sebisa mungkin juga jangan main terus non-stop, walau kita 7 jam tapi harus dijeda jeda, terlalu dipaksain itu ya nggak bagus, nanti hasilnya malah tidak maksimal latihannya,” imbuhnya. Dijeda yang ia maksud adalah tiap satu atau dua jam lalu rehat, refreshing dan dilanjut nanti di jam lain.

Tipsnya, jika bermain game lewat handphone, ia menyarankan selalu memilih tempat baru yang cerah atau memilih lokasi bermain yang berbeda-beda. Tujuannya agar mata lebih fresh dan otak bisa segar karena suasana baru dan udara yang segar.

“Kalau bisa di luar rumah, atau di kafe tapi ganti-ganti, dimana pun pokoknya jangan di tempat yang sama. Harus cari suasana baru supaya nggak bosen juga,” tutup laki-laki yang punya ID bernama OkkyOzora ini.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting : Kholid Amrullah



ABOUT US

Radar Malang Online dikelola oleh Jawa Pos Radar Malang. Sebuah media cetak terbesar di Malang Raya dengan tingkat readership lebih dari 200 ribu orang per hari. Menyajikan berita-berita terbaru dan terpercaya di Malang Raya.